Rabu, 12 April 2017


IKATAN KIMIA
TOPIK : TEORI ATOM


https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSMq9MyYhlHiLwS4Oc2xTkOOmmL6il07i3ajK_TXHcydEyb8YBC


Dosen Pengampu :  Drs. Arifin, M.Si

Nama Kelompok :
Desy Natalia                       ACC 115 057
Olvi Wulan Nari                 ACC 115 008
Seni Rusianti                      ACC 115 049

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA
JURUSAN PENDIDIKAN MIPA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PALANGKARAYA
2016
1.       Bagaimana rumusan teori atom menurut Dalton?
Jawab :
Rumusan teori atom menurut Dalton :
·         Setiap unsur terdiri atas partikel yang sudah tak terbagi yang dinamai atom
·         Atom-atom dari suatu unsur adalah identik. Atom-atom dari unsur yang berbeda mempunyai sifat-sifat yang berbeda, termasuk mempunyai massa yang berbeda.
·         Atom dari suatu unsur tidak dapat diubah menjadi atom unsur lain, tidak dapat dimusnahkan atau diciptakan.  Reaksi kimia hanya merupakan penataan ulang atom-atom.
·         Senyawa terbentuk ketika atom-atom dari dua jenis unsur atau lebih bergabung dengan perbandingan tertentu.

2.       Telaahlah rumusan tersebut, lalu kemukakan kelebihan dan kekurangannya.
Jawab :
Kelebihan dari teori atom Dalton, yaitu :
·         Dapat menerangkan Hukum Kekekalan Massa (Hukum Lavoisier)
·         Dapat menerangkan Hukum Perbandingan Tetap (Hukum Proust)
Kekurangan dari teoti atom Dalton, yaitu :
·         Tidak dapat menjelaskan sifat listrik materi
·         Tidak dapat menjelaskan cara atom-atom saling berikatan
·         Molekul atom Dalton tidak dapat menjelaskan perbedaan antara atom unsur yang satu dengan unsur yang lain

3.       Teori atom Dalton mulai digugat setelah adanya temuan sifat kelistrikan oleh Faraday. Bagaimanakah hasil temuan Faraday tentang sifat kelistrikan? Apa kaitannya dengan teori atom Dalton?
Jawab :
Hukum Faraday menyatakan bahwa massa yang dihasilkan dalam suatu sistem sel elektrolisis berbanding lurus dengan muatan listrik yang mengalir dalam sel tersebut. Besarnya muatan listrik yang terjadi dalam sel merupakan hasil kali antara kuat arus yang dialirkan dengan lamanya waktu elektrolisisnya. Pernyataan ini merupakan prinsip dasar Hukum Faraday yang dapat dijelaskan sebagai berikut :
·         Dalam sel elektrokimia, massa zat yang diendapkan pada suatu elektrode sebanding dengan besarnya muatan listrik (aliran elektron) yang terlibat di dalam sel.
·         Massa ekuivalen zat yang diendapkan pada elektrode akan setara dengan muatan listrik yang dialirkan ke dalam sel.
Menurut Dalton, atom merupakan bola kecil yang keras dan padat. Anggapan ini mulai goyah ketika Michael Faraday mengemukakan hasil bahwa perubahan kimia dapat disebabkan oleh aliran listrik yang dilewatkan melalui suatu larutan zat. Hal ini berarti bahwa dalam materi terdapat muatan listrik, sedangkan teori atom Daltonn tidak dapat menjelaskan adanya muatan dalam suatu atom.
4.       Adanya gugatan terhadap teori atom Dalton mendorong JJ. Thomson untuk melakukan kajian tentang materi. Percobaan yang terkenal tentang hal ini adalah Percobaan Tabung Sinar Katoda. Ceritakan bagaimana Percobaan Tabung Sinar Katoda itu dilakukan. Apa saja temuan dalam percobaan tersebut? Susunlah sebuah teori tentang atom dari hasil percobaan tersebut. Bandingkan teori yang anda susun dengan teori atom yang dikemukakan Thomson.
Jawab :
JJ. Thomson bereksperimen dengan alat yang disebut tabung sinar katoda, dimana arus listrik dilewatkan melalui gas pada tekanan rendah. Sebuah tabung sinar katoda terdiri dari tabung gelas tertutup dipasang di kedua ujungnya dengan disk logam yang disebut elektroda. Elektroda kemudian dihubungkan dengan ke sumber listrik, yang bermuatan positif disebut anoda sedangkan yang bermuatan negatif disebut katoda. Ketika sebuah benda ditempatkan antara katoda dan ujung tabung, itu membentuk bayangan pada kaca. Sebuah tabung sinar katoda dibangun dengan rel logam kecil antara dua elektroda. Melekat pada rel adalah roda dayung yang mampu berputar disepanjang rel. Setelah memulai tabung sinar katoda, roda bberputar dari katoda menuju anoda. Magnet dan piring yang digunakan untuk membelokkan sinar katoda, sinar katoda dibelokan oleh medan magnet dengan cara yang sama seperti kawat yang membawa arus listrik, yang diketahui bermuatan negatif.. Selain itu, sinar katoda dibelokan menjauh dari piring logam bermuatan negatif dan menuju pelat bermuatan positif.
Dalam percobaan tersebut ditemukan adanya partikel-partikel yang memiliki massa yang menghasilkan panas dan sinar katoda. Dalam percobaan juga menunjukan bahwa sinar katoda merupakan radiasi partikel yang bermuatan listrik negatif.
Dari percobaan tersebut ditemukan adanya partikel penyusun atom yang bermuatan negatif. Teori atom yang dapat saya susun berdasarkan percobaan tersebut adalah atom tersusun atas partikel-partikel yang bermuatan negatif, sedangkan teori atom yang dikemukakan Thomson dapat diringkas sebagai berikut :
·         Atom berupa bola yang bermuatan positif dengan adanya elektron yang bermuatan negatif di sekelilingnya.
·         Muatan positif dan negatif pada atom besarnya sama. Hal ini menjadikan atom bermuatan netral. Suatu atom tidak mempunyai muatan positif dan negatif yang berlebihan.

5.       Temuan lain Thomson dalam percobaan lanjutan adalah nilai rasio e/m =  C/kg. Ceritakan bagaimana percobaan tersebut. Apa saja hasil percobaannya? Bagaimana nilai rasio e/m dihitung dari data tersebut?
Jawab :
Pada tahun 1897 JJ. Thomson melanjutkan eksperimen William Crookes yaitu pengeruh medan listrik dan medan magnet dalam tabung sinar katoda. Dari hasil percobaan tersebut JJ. Thomson menyatakan bahwa sinar katoda merupakan partikel penyusun atom yang bermuatan negatif dan selanjutnya disebut elektron.
Thomson berhasil menemukan perbandingan antara muatan dengan massa elektron (e/m) sebesar  C/kg. Dengan demikian, maka harga massa 1 elektron dapat ditentukan dari harga perbandingan muatan dengan massa elektron (e/m).
Nilai e/m =  C/kg,
Maka 1 elektron =  g

6.       Salah satu percobaan penting yang menyempurnakan percobaan Thomson adalah Percobaan Tetesan Minyak yang dilakukan oleh Milikan. Dalam Percobaan ini Milikan berhasil menghitung muatan elektron (e). Ceritakanlah Percobaan tentang Tetesan Minyak tersebut, Ceritakan pula hasil yang diperoleh dari percobaan tersebut. Gunakan data yang diperoleh untuk menghitung muatan elektron (e) yang nilainya C. Kombinasikan nilai e yang diperoleh dengan nilai rasio e/m untuk menghitung massa elektron. Apabila nilai me dibandingkan dengan massa atom Hidrogen, hasil adalah 1/1837.
Jawab :
Percobaan Tetesan Minyak Milikan dilakukan sebagai berikut :
·         Dengan menggunakan alat penyemprot, minyak disemprotkan sehingga membentuk tetesan-tetesan kecil. Sebagian tetesanminyakakanmelewatilubangpadapelatatasdanjatuhkarenatarikangravitasi.
·         Denganmenggunakanteropong, diameter tetesanminyakdapatditentukan, sehinggamassatetesminyakdapatdiketahui.
·         Radiasisinar x akanmengionkan gas di dalamsilinder. Ionisasiakanmenghasilkan electron. Elektrontersebutakanmelekatpadatetesminyak, sehinggatetes-tetesminyakmenjadibermuatanlistrik negative. Ada yang menyerapsatu, dua, ataulebih electron. Jikapelatlogamtidakdiberibedapotensial, tetes-tetesminyaktetapjatuhkarenapengaruhgravitasi.
·         Jikapelatlogamdiberibedapotensialdenganpelatbawahsebagaikutub negative akanmengalamigayatolakanlistrik. SesuaidenganHukum Coulomb, tetesminyak yang mengikatlebihbanyak electron akanbertolaklebihkuat. Pergerakantetesminyakdapatdiamatimenggunakanteropong. Denganmengaturbedapotensial, tetesminyakdibuatmengambang. Dalamkeadaansepertiituberartigayatarikgravitasisamadengangayatolaklistrik.
·         Denganmengetahuimassatetesminyakdanbedapotensial yang digunakan, makamuatantetesminyakdapatditentukan.
Melaluipercobaantersebut, Milikanmenemukanbahwamuatantetes-tetesminyakselalumerupakankelipatanbulatdarisuatumuatantertentu, yaitu Milikan menyimpulkan bahwa muatan tersebut adalah muatan dari satu electron.
Perbedaanmuatanantartetesterjadikarenasatutetesdapatmengikatsatu, dua, ataulebih electron.
Dengandiketahuinyamuatan electron, makamassa electron dapatdihitungsebgaibeikut :
Thomson :
Millikan :
Nilaime :massa atom hydrogen
7.       TelaahlahTeori atom yang dikemukakan Thomson. Kemukakanlahkelebihandankekurangannya. Salah seorang yang tidakpuasdenganteori atom yang dikemukakan Thomson adalah Rutherford. Iaberhasilmenyempurnakanteori atom yang dikemukakan Thomson melaluiPercobaanLempeng Tipis. Ceritakanlahbagaimanapercobaanlempeng tipi situ dilakukan. Apasajahasil yang diperoleh. Gunakanfaktapadahasilpercobaanlempeng tipis untukmerumuskanteoritentang atom. Bandingkanlahrumusanteoriandadenganteori atom yang dikemukakan Rutherford. Apakelemahandariteori atom yang andakemukakan. Jelaskanbagaimanakelemahanteori atom Rutherford menginspirasiilmuanlainnyamelakukanpercobaan.
Jawab :
Kelebihandariteori atom Thomson adalah :
·         Membuktikanadanyapartikellain yang bermuatan negative dalam atom. Berarti atom bukanmerupakanbagianterkecildarisuatu unsure.
Kelemahandariteori atom Thomson adalah :
·         Tidakdapatmenjelaskansusunanmuatanpositifdalam bola atom tersebut.
Pada tahun 1910, Ernest Rutherford bersama dua orang asistennya, yaitu Hans Geiger dan Ernest Marsenden, melakukan serangkaian percobaan untuk mengetahui lebih banyak tentang susunan atom. Mereka menembaki lempeng emas yang sangat tipis dengan partikel sinar alfa berenergi tinggi. Mereka menemukan bahwa sebagian besar partikel alfa dapat menembus lempeng emas tanpa pembelokan yang berarti, seolah-olah lempeng emas itu tidak ada. Akan tetapi, kemudian mereka menemukan bahwa sebagian kecil dari partikel alfa mengalami pembelokan yang cukup besar, bahkan beberapa diantaranya dipantulkan. Partikel alfa yang dipantulkan itu pasti telah menabrak sesuatu yang sangat padat dalam atom. Pada tahun 1911, Rutherford dapat menjelaskan penghambat sinar alfa dengan mengajukan gagasan tentang inti atom. Menurut Rutherford, sebagian besar dari massa dan muatan positif atom terkonsentrasi pada bagian pusat atom yang selanjutnya disebut inti atom. Elektron beredar mengitari inti pada jarak yang relatif sangat jauh. Lintasan elektron itu disebut kulit atom. Jarak dari inti hingga kulit atom disebut jari-jari atom. Ukuran jari-jari atom adalah sekitar , sedangkan jari-jari inti atom adalah sekitar . Jadi sebagian besar dari atom merupakan ruang hampa. Bila diameter inti diibaratkan 1 cm, maka penampng atom ibarat lapangan bulat dengan diameter 1 cm.
Dari percobaan lempeng tipis diperoleh hasil bahwa :
·         Atom bukan merupakan bola pejal, karena hasil semua partikel alfa diteruskan
·         Atom bukan merupakan bola yang bermuatan positif
·         Muatan negatif (elektron) tidak tersebar bagaikan kismis dalam roti kismis
Kelemahan dari teori atom yang kami kemukakan adalah :
·         Elektron akan senantiasa memancarkan radiasi elektromagnetik. Jika demikian, maka lintasannya akan berbentuk spiral dan akhirnya jatuh ke inti.
·         Tidak bisa menjelaskan lintasan-lintasan tempat elektron
Kelemahan dari teori atom Rutherford adalah :
·         Elektron yang berputar mengelilingi inti dianggap sebagai getaran listrik yang memancarkan gelombang elektromagnetik (energi). Jika energi berkurang, maka lintasan makin kecil, tetapi elektron tersebut tidak menempel pada inti. Hal ini menunjukkan bahwa model atom Rutherford tidak dapat menjelaskan kestabilan elektron.
·         Jika lintasan makin kecil, periode putaran elektron juga makin kecil. Frekuensi gelombang bermacam-macam, sehingga spektrum yang dipancarkan seharusnya berupa spektrum diskontinu. Pada kenyataannya lintasan elektron tidak berupa pilin(seperti obat nyamuk) yang pada akhirnya jatuh kedalam inti melainkan berupa lingkaran.
·         Model atom Rutherford tidak dapat menerangkan energi yang dilepaskan dalam bentuk cahaya, sebab pada setiap kali perputaran elektron dengan percepatan tetap, elektron kehilangan energi dan akhirnya tertarik ke inti.

8.       Bertolakdarikelemahanteori atom yang dikemukakan Rutherford, Bohr merumuskansejumlahpostulatuntukmenyempurnakanteori atom Rutherford. Apasajapostulat Bohr tersebut. Jelaskanbagaimanapostulat Bohr menjelaskankonseplintasan electron mengelilingiinti yang gagaldijelaskanolehteori atom Rutherford. Gunakanpostulat yang dimaksuduntukmenurunkanungkapanjaraklintasan (r) dariinti. Hitungjaraksetiaplintasan, lalugambarkan model atom Bohr. Suksesbesardenganteori atom yang dikemukakanadalahkemampuanteoritersebutmenjelaskanfenomenaspektrum atom. Jelaskanspektrum atom yang dimaksud. Hal initerjadikarenapenerapanpostulat Bohr dapatdigunakanuntukmengitungfrekwensi (panjanggelombang) cahaya yang mengalamitransisidarisatukulitkekulitlainnya. Turunkanlahrumusfrekwensidanpanjanggelombangcahaya yang dimaksudberdasarkanpostulat Bohr. Bandingkanpersamaan yang andaperolehdenganpersamaan empiric pada spectrum atom. Tentukannilai b padapersamaan empiric. Bagaimanahubunganantaratetapan b dengantetapan Rydberg. Buatlahpersamaan yang berlakuumumuntukmenghitungfrekwensidanpanjanggelombangcahayajikaterjaditransisipada atom hydrogen. Klasifikasikanpanjanggelombang /frekwensihasilhitunganandakedalam spectrum gelombangelektromagnetik. Gunakanhasilhitunganandauntukmenyususn diagram deretSpektrum atom Hidrogenberdasarkantingkat energy atom Bohr. Bagaimanaungkapan yang berlakujikaatomnyabukan hydrogen.
Jawab :



Dua postulat Bohr untuk menjelaskan kestabilan atom yaitu sebagai berikut :
·         Elektron mengelilingi inti atom pada lintasan tertentu yang stasioner dan kemudian disebut dengan orbit atau kulit. Walaupun elektron bergerak cepat tetapi tidak memancarkan ataupun menyerap energi sehingga energi elektron konstan. Hal ini berarti elektron yang berputar mengelilingi inti atom mempunyai lintasan tetap sehingga elektron tidak jatuh ke inti.
·         Elektron dapat berpindah dari kulit yang satu kekulit yang lain dengan cara memancarkan atau menyerap energi. Energi yang dipancarkan atau diserap ketika elektron berpindah kulit tersebut dengan foton. Besarnya foton dirumuskan :
Model atom Bohr dapat menjelaskan kelemahan dari teori atom Rutherford tentang lintasan elektron mengelilingi inti. Menurut Niels Bohrdalam atom terdapat lintasan-lintasan tertentu tempat elektron dapat mengorbit inti tanpa disertai pemancaran atau penyerapan energi. Lintasan itu juga yang disebut kulit atom, adalah orbit berbentuk lingkaran dengan jari-jari tertentu. Tiap lintasan ditandai dengan satu bilangan bulat yang disebut bilangan bulat kuantum (n), mulai dari 1,2,3,4, dan seterusnya, yang dinyatakan dengan lambang K,L,M,N dan seterusnya. Lintasan pertama dengan n=1 dinamai kulit K. Lintasan kedua dengan n=2 dinamai kulit L dan seterusnya. Semakin besar harga n (semakin jauh dari inti), semakin besar energi elektron yang mengorbit pada kulit itu. Elektron hanya boleh berada pada lintasan-lintasan yang diperboleh ( lintasan yang ada ), dan tidak boleh berada diantara dua lintasan. Lintasan yang akan ditempati elektron tergantung pada energinya. Pada keadaan normal (tanpa pengaruh luar), elektron menempati tingkat energi terrendah. Keadaan tersebut disebut tingkat dasar (ground state). Elektron dapat berpindah dari satu kulit ke kulit lain disertai pemancaran atau penyerapan sejumlah tertentu energi. Perpindahan elektron ke kulit  lebih luar akan disertai penyerapan energi. Sebaliknya perpindahan elektron ke kulit lebih dalam akan disertai pelepasab energi. Berdasarkan postulat tersebut Bohr dapat menurunkan jari-jari lintasan elektron dan memenuhi perumusan berikut.
                Dengan : =jari-jari elektron pada tingkat n
                                =jari-jarinya adalah 0,528A
                                   n=tingkat energi
                Jarak pada setiap lintasan dapat dihitung sebagai berikut
·        
·        
·        
·        
Model atom Bohr dapat digambarkan sebagai berikut
 



                                                               
 




Fenomena spektrum atom yang dikemukakan Bohr menjelaskan tetapan Rydberg untuik garis spektra emisi hidrogen. Model Bohr adalah sebuah model primitif mengenai atom hidrogen. Sebagai sebuah teori, model Bohr dapat dianggap sebagai sebuah pendekatan orde pertama dari atom hidrogen menggunakan mekanika kuantum yang lebih umum dan akurat, dan demikian dapat dianggap sebagai model yang lebih usang. Namun demikian, karena kesederhanaannya dan hasil yang tepat untuk sebuah sistem tertentu, model Bohr tetap diajarkan sebagai pengenalan pada mekanika kuantum.
Dengan teori kuantum, Bohr juga menemukan rumus matematika untuk menghitung panjang gelombang dari semua garis yang muncul dalam spektrum atom hidrogen.
Secara mayematika rumus tersebut ditulis sebagai berikut :
                Dengan :
                𝜆=panjang gelombang yang dihasilkan spektrum atom hidrogen
                R=tetapan Rydberg (1,097x)
                n=kulit elektron yang dituju
                m=kulit elektron mula-mula atau asal

Untuk memudahkan dalam perhitungan maka persamaan tersebut bisa diturunkan menjadi :



Dalam model atom Borh, dari atom hidrogen menggambarkan elektron-elektron bermuatan negatif mengorbit pada kulit atom, dalam lintasan tersebut tertentu mengelilingi inti atom yang bermuatan positif. Ketika elektron meloncat dari satu orbit keorbit lainya selalu disertai engan pemancaran atau penyerapan sejumlah energi elektromagnetik hf. Model atom Bohr bergerak pada satu bidang atau dua dimensi. Atom hidrogen menggambarkan elektron-elektron bermuatan negatif mengorbit pada kulit atom dalam lintasan tersebut tertentu mengelilingi inti atom yang bermuatan positif.

9.       Telaahlahpercobaanlaintentang atom, sepertipenemuan proton, neutron danpercobaan Moseley tentangpenembakansinar-x padalempenglogam. Deskripsikanhasiltiappercobaan.
Jawab :
·         Pada tahun 1836 ,sebelum hakikat sinar katoda ditemukan, Golstein melakukan suatu percobaan tentang  tabung sinar katoda dan menemukan adanya radiasi yang berasal dari anoda,yang meneroboslubang pada katoda dan memijarkan gas di belakang katoda itu.Radiasi itu disebut sinar anoda atau sinar positif atau sinar terusan.Hasil percobaan menunjukan bahwa sinar terusan merupakan radiasi partikel ( dapat memutar kincir ) yang bermuatan positif ( dalam medan listrik dibelokan ke kutub negatif ). Partikel sinar terusan terkecil diperoleh dari gas hidrogen. Partikel ini kemudian disebut proton.
                                Massa 1 proton  = 1,6726486  gram  = 1 sma
                                Muatan 1 proton= +1 = +1,6 ×C
Muatan maupun masaa partikel sinar tersusun dari gas lain selalu merupakan kelipatan bulat dari massa dan muatan proton , sehingga diduga bahwa partikel itu terdiri atas proton – proton.
Kemudian pada tahun 1919, Rutherford menemukan proton terbentuk ketika parikel alfa ditembakan pada inti atom nitrogen. Hal ini membuktikan bahwa inti atom terdiri ats proton sebagaimana diduga oleh Goldstein

·         Neutron ditemukan oleh James Chadwick pada tahun 1932 , tetapi keberadaannya telah diduga oleh Aston sejak tahun 1919. Pada tahun itu, Aston menumukan spektrometer massa yaitu alat yang digunakan untuk menemukan massa atom molekul. Dengan alat tersebut,Aston menemukan bahwa atom-atom dari unsur yang sama tidak dapat mempunyai massa yang berbeda. Fenomena ini disebut isotop . Juga ditemukan bahwa massa suatu atom ternyata  tidak sama dengan jumlah protonnya. Banyak atom yang massanya sekitar dua kali massa protonnya .Berdasarkan kedua faktor tersebut ,Aston menduga keberadaan partikel netral dalam atom yang jumlahnya dapat berbeda meskipun unsurnya sama.
Selanjutnya pada tahun 1930, W.Bothean H.Becker menembaki inti atom berilium dengan  partikel alfa dan menemukan suatu radiasi partikel yang mempunyai daya tembus tinggi.Pada tahun 1932, James Chadwick membuktikan bahwa radiasi tersebut terdiri atas partikel netral yang massanya hampir dengan massa proton.
Oleh karena bersifat netral,partikel dinamai neutron .Percobaan lebih lanjut membuktikan bahwa neutron juga merupakan partikel dasar penyusun inti atom.
                                Massa 1 neutron  = 1,6749544 x  gram = 1 sma
                                Neutron tidak bermuatan (netral)
·         Pada tahun 1913, Henry Moseley menyelidiki sinar x yang dipancarkan oleh berbagai logam yang dipasang sebagai anoda dalam tabung sinar x. Panjang gelombang yang dipancarkan diukur. Moseley menemukan adanya keteraturan naiknya panjang gelombang dengan naiknya massa atom dari unsur logam tersebut. Panjang gelombang bertambah dengan naiknya massa atom unsur-unsur logam tersebut, walaupun ada beberapa yang tidak mengikuti keteraturan ini. Dari perhitungan matematika dan hasil penyelidikannya, Moseley menemukan suatu  faktor bilangan yang tabel periodik unsur dan struktur atom 15 menunjukan jumlah muatan positif dari inti atom. Faktor bilangan ini dilambangan dengan huruf Z. Ternyata harga Z ini spesifik untuk setiap unsur. Bilangan Z iini kemudian disebut dengan nomor atom, yang ternyata nomor atom ini berurutan dari 1 untuk H, 2 untuk He, 3 untuk Li, dan seterusnya. Nomor atom ini menunjukan jumlah muatan positif dari inti atom. Hidrogen dengan nomor atom 1 mempunyai 1 proton pada intinya. Oleh karena alumunium mempunyai 13 proton pada intinya, maka atom alumunium mempunyai 13 muatan positif. Agar menjadi netral, maka pada kulitnya akan terdapat 13 elektron. Dengan demikian pada atom netral, jumlah proton=jumlah elektron. Karena inti atom terdiri atas proton dan neutron, maka massa suatu atom adalah massa proton + massa neutron.
Suatu atom biasanya ditulis sebagai berikut :
Dimana :    X = simbol atom
                      A = nomor massa
                      Z = nomor atom
10.   Buatlahsuatudeskripsiuntukmenjelaskankonsepdankarateristik atom berdasarkanhasilpercobaan yang telahandapelajari.
Jawab :
Konsep dasar atom sebenarnya sudah lama dikenal orang. Konsep tersebut berasal dari para pemikir massa lalu menduga bahwa mareri terbentuk dari suatu bahan dasar. Democritus (pada akhir abad ke-4 dan awal abad ke-5 sebelum masehi) dan beberapa filsuf pada saat itu mengemukakan bahwa materi terbentuk dari partikel yang sudah tak terbagi yang mereka namai atom (Yunani : atomos = tak terbagi). Gagasan tentang atom memudar dan tidak mengalami perkembangan selama berabad-abad.
Pemikiran tentang keberadaan atom kembali muncul di Eropa pada abad ke-17, ketika para ilmuan mencoba menjelaskan sifat-sifat gas. Berdasarkan berbagai penemuan pada massa itu, John Dalton merumuskan teori atom yang pertama sekitar tahun 1803-1807, yang dikenal sebagai toeri atom Dalton. Pada perkembangan selanjutnya diketahui teori atom Dalton kurang tepat. Thomson mengemukakan bahwa tentang tentang elektron yang tersebar merata seperti roti kismis. Perkembangan selanjutnya Rutherford mengemukakan tentang atom seperti tata surya dan menemukan sinar alfa dimana proton sebagai pusat inti atom dan elektron sebagai pusat inti atom dan elektron sebagai  partikel yang mengakibatkan adanya tarik menarik. Niels Bohr mengemukakan bahwa atom bisa menghasilkan energi atau cahaya. Dan percobaan lainnya tentang  atom, seperti temuan adanya neutron. Karateristik dari atom berhubungan dengan struktur atom pada unsur yang diketahui terutama nomor atom, dan tipe sub atom partikel di dalamnya.

11.   Telaahlahkembaliteori atom Bohr, lalukemukakankelebihandankelemahannya, Jelaskanfakta yang menunjukankelemahantersebut. Jelaskanbagaimanakelemahantersebutmenginspirasimunculnyateori atom mekanikagelombang (teori atom mekanikakuantum). Jelaskankonsep atom menurutteori atom mekanikagelombang.
Jawab :
Kelebihan teori atom Bohr:
·         Keberhasilan teori atom Bohr terletak pada kemampuannya untuk meramalkan garis-garis dalam spektrum atom hidrogan.
·         Salah satu penemuan Bohr adalah sekumpulan garis halus, terutama jika atom-atom yang dieksistasikan diletakkan pada medan magnet.
Kelemahan teori atom Bohr:
·         Struktur garis halus ini dijelaskan melalui modifikasi teori atom Nohr tetapi tidak pernah berhasil memberikan spektrum atom selain hidrogen.
·         Belum mampu menjelaskan adanya struktur halus (fine strukture) pada spektrum, yaitu dua atau lebih garis yang sangat berdekatan.
·         Belum dapat menerangkan spektrum atom kompleks.
·         Intesitas relatif dari tiap garis spektrum emisi.
·         Efek Zeeman, yaitu terpecahnya garis spektrum bila atom berada dalam medan magnet.
Teori atom Bohr dapat menjelaskan kelemahan dari teori atom Rutherford. Namun pada perkembangan selanjutnya diketahui bahwa gerakan elektron menyerupai gelombang. Oleh karena itu, posisinyatidak dapat ditentukan dengan pasti. Jadi, orbit elektron yang berbentuk lingkaran dengan jari-jari tertentu tidak dapat diterima.
Pada tahun 1927, Erwin Schrodinger mengemukakan teori atom yang disebut teori atom mekanika gelombang atau mekanika kuantum. Teori mekanika kuantum mempunyai persamaan dengan teori atom Bohr dalam hal tingkat-tingkat energi atau kulit atom, tetapi berbeda dalam hal bentuk lintasan atau orbit tersebut. Dala teori atom mekanika kuantum, posisi elektron adalah tidak pasti. Hal yang dapat ditentukan mengenai keberadaan elektron di dalam atom adalah daerah dengan peluang terbesar untuk menemukan elektron tersebut.

12.   Buatlahdeskripsitentang atom berdasarkansejumlahteori yang telahandarumuskan.
Jawab :
Atom adalah bagian terkecil dari suatu unsur yang masih mempunyai sifat-sifat unsur itu. Atom berasal dari bahasa Yunani yaitu atomos yang berarti tidak dapat dibagi. Di dalam atom terdapat sub atom, yaitu partikel penyusun atom yang ukurannya lebih kecil. Setiap atom memiliki inti, yang terdiri dari proton dan neutron serta elektron yang bergerak cepat di sekitar inti. Elektron-elektron terdapat pada tingkat energi yang berbeda-beda, yang disebut kulit, tiap kulit memiliki jumlah batas untuk elektron.

1 komentar:

  1. Hard Rock Hotel & Casino, Las Vegas - DrMCD
    Experience an all-new Vegas resort with casino entertainment, 오산 출장샵 premier dining and exciting slots 고양 출장안마 machines and 양주 출장마사지 world class entertainment at Hard 부천 출장안마 Rock 여수 출장안마 Hotel & Casino

    BalasHapus